Cara Mengecek Status BootLoader (UBL) HP xiaomi Dengan Menggunakan dan Tanpa PC

Cara Mengecek Status BootLoader (UBL) HP xiaomi Dengan Menggunakan dan Tanpa PC – Disetiap Ponsel Android sudah Pasti memiliki Bootloader yang memiliki fungsi untuk menginstruksikan suatu kernel sistem operasi dalam melakukan booting dengan secara normal. Akan Tetapi, karena Android itu sendiri merupakan Open source yang sudah tersedia kedalam berbagai varian atau jenis hardware yang satu sama lain tidak sama, maka setiap pabrik (produsen) telah memiliki versi atau standar Spesifikasi Bootloader masing-masing. Sehingga ketika anda mulai menginastall ROM yang salah, maka akan berakibat fatal di perangkat yang anda gunakan.

Meskipun android adalah Open Source, tapi pabrikan tersebut tidak ingin kalau setiap penggunanya menggunakan versi OS dari OS yang telah mereka rancang bagi perangkat tersebut. Nah, Untuk alasan yang seperti inilah kenapa setiap pabrik telah mengunci bootloader yang ada di smartphone mereka.

cara cek status bootloader

Dengan terkuncinya Bootloader, maka kamu akan mustahil untuk dapat mengganti ROM bawaan pada perangkat anda. Ada sih cara lainnya yaitu dengan mode EDL. Namun tetap, langkah pertama yang anda lakukan dalam memakai Custom ROM ialah terlebih dahulu untuk membuka Kunci Bootloader.

Sejak pada pertengahan tahun 2016, Semua ROM Xiaomi yang telah di keluarkan (rillis) ke publik sudah memakai sistem Lock Bootloader. Dimana tujuannya adalah untuk mengurangi terjadinya pemalsuan perangkat xiaomi sehingga ini akan membatasi ruang gerak para distributor nakal dengan ROM Fake (rom imitasi) yang mulai marak beredar di pasaran yang tentunya akan melindungi data daripada si pengguna.

Untuk Ponsel Redmi Note 3 pro (Snapdragon) dan redmi note 4 itu sendiri, pihak pembuat telah mengunci bootloader ini sejak pertama kali di rilis.

Nah, apabila anda penasaran mengenai pemeriksaan status HP xiaomi anda apakah sudah di unlock atau belum, maka anda perlu mengikuti tutorial panduan berikut ini untuk mengeceknya.

Cara Mengecek Status BootLoader (UBL) HP xiaomi Dengan Menggunakan dan Tanpa PC

#1. Mengecek Status Unlock BootLoader tanpa bantuan PC khusus Miui 8

Bagi anda yang sebagai pengguna Miui versi 8.2, anda bisa memeriksa atau mengecek status unlock bootloader xiaomi ini tanpa harus memakai bantuan PC. Untuk caranya sendiri sangat mudah, yaitu:

  1. Aktifkan terlebih dahulu Developer options (Pihak pengembang) dengan cara anda masuk ke Menu Settings > About Phone.
  2. Tekan atau klik sebanyak 7 hingga 8 kali sampai muncul sebuah notifikasi bertuliskan “You are a developer now..”.
  3. Kemudian anda masuk ke settings > Additional Settings > Developer Options.
  4. Terakhir, anda pilih Mi Unlock Status.

cara cek status bootloader

Apabila tampilan yang muncul tampak terlihat seperti gembok yang terkunci, itu berarti Bootloader di ponsel Xiomi anda masih dalam kondisi terkunci (locked bootloader) dan begitupun sebaliknya.

Baca Juga:

#2. Cara Mengecek Status BootLoader (UBL) HP xiaomi Dengan Menggunakan Bantuan PC khusus selain Miui 8

Apabila anda menggunakan ROM yang selain Miui Versi 8, yang dimana tidak ada pilihan Mi Unlock Status, maka untuk cek apakah si bootloader itu terkunci atau tidak, maka anda harus memakai bantuan PC/Komputer.

  1. Anda juga bisa gunakan sebuah software bernama 15 Second ADB Installer yang dapat anda download dari google dan baca cara instalasi beserta fastboot pada Windows, Mac OS dan Linux.
  2. Setelah anda sudah menginstall 15 second ADB installer tersebut, anda kemudian buka dan masuk ke Folder c:\adb kemudian anda tekan Shift +Klik kanan yaitu pada bagian kosong lalu pilihlah Open Command Window Here..cara cek status bootloader xiaomi miui dengan pc
  3. ketikanlah perintah “fastboot oem device -info” pada command prompt (CMD).cara cek status bootloader ponsel xiaomi
  4. Jika pada tulisan Informasi tertera Device Unlocked bertuliskan “true” maka artinya smartphone anda telah sepenuhnya Unlock Bootloader (UBL); tetapi jika tulisannya “False” maka itu artinya Bootloader HP xiaomi anda masih dalam keadaan terkunci (Locked Bootloader).

Demikianlah Cara dan Tutorial Mengecek Status BootLoader (UBL) HP xiaomi Dengan Menggunakan dan Tanpa PC yang dapat saya sampaikan, Semoga bermanfaat.

Cara Mengecek Status BootLoader (UBL) HP xiaomi Dengan Menggunakan dan Tanpa PC | nanang23 | 4.5