Cara menghapus virus di laptop windows 7 secara Manual tanpa Anti Virus

Cara menghapus virus di laptop windows 7 – Di era serba teknologi ini laptop sudah menjadi sebuah alat yang banyak digunakan untuk membantu kehidupan manusia seperti mengerjakan tugas, internetan, facebookan serta tempat menaruh file. Ya, kita bisa menyimpan suatu file atau gambar penting agar tidak hilang di laptop kesayangan kita. Tapi, meskipun demikian nyatanya menyimpan file ini belum tentu aman. Lah kenapa? Jawabannya adalah bisa saja laptop anda terinfeksi virus yang akan membuat file yang anda simpan jadi eror/corrupt. baca definisi Virus malware,trojan dan worm. Ya, kejadian seperti ini terkadang membuat kita menjadi bingung bahkan kesel, akan tetapi anda tidak usah khawatir karena kali ini saya akan bagikan cara menghilangkan virus tanpa antivirus di windows 7.

Bisa saja sebenarnya kita hapus virus memakai software smadav, malwarebytes, dan aplikasi antivirus malware lainnya. Namun, jika virus yang akan kita basmi masih ada dan bersarang di PC maka langkah selanjutnya kita hapus virus secara manual. Lantas bagaimana sih menghapus virus di laptop secara permanen? Simak ulasannya berikut ini.

cara menghapus virus di laptop secara manual

Akan tetapi sebelum kita mulai melakukan penghapusan malware di laptop, alangkah baiknya kita tau terlebih dahulu jenis file yang yang dikategorikan sebagai virus yaitu:

File Dengan ekstensi *.ink dan *.inf yang dimana biasanya menyerang file yang dibuat dari notepad. File ini tergolong bahaya karena beberapa shortcut mungkin akan terbuka secara otomatis, contoh filenya yaitu:

  • “autorun.inf”.
  • File *.ini.
  • File *.bat yang biasanya terdapat pada flashdisk.
  • File folder.htt

Nah, setelah anda tahu contoh file yang berbahaya, kini saatnya anda mulai membersihkan virus malware secara manual dengan cara:

Tampilkan file/folder tersembunyi

menampilkan virus yang bersembunyi di windows explorer dan menghapus secara manual

Virus akan bersembunyi pada suatu foler yang ada di windows wksplorer tepatnya pada bagian pratisi sistem anda yaitu C, namun tidak menutup kemungkinan ada ditempat lain, tapi kita bisa deteksi virus yang hidden tersebut dengan cara klik windows explorer > folder tujuan > klik organize > klik tulisan ” folder and search options” > pilih tab view > carilah folder hidden files and folders > lalu centang show hidden files, folders, and drivers.

Selesai, jika ada virus anda bisa cek ekstensinya dan samakan dengan contoh malware berbahaya diatas tadi, jika ditemukan indikasi bahaya maka anda hapus manual virus tadi pakai tombol delete.

Baca Juga:

Pindai virus didalam task manager

cara menonaktifkan malware pada laptop windows 7 secara manual

Selanjunya anda identifikasi beberapa program pada taskmanager mulai dari icon, nama, serta ekstensinya apakah termasuk virus bukan, jika iya maka segeralah hapus dengan cara klik kanan pada program tersebut, pilih “open file location” untuk menentukan sumber file ini. Jangan lupa juga end task pada task manager di PC anda.

Cari jejak sang virus memakai regedit

Teknik selanjutnya ialah mengidentifikasi dan menelusuri jejak-jejak dari virus tersebut dengan cara:

  • Buka Regedit ( tekan Tombol jendela atau start + R) ketik “regedit”, jika sudah terbuka anda buka HHCU\ software\ microsoft windows\ Current\ version\ Run)

Apabila cara ini tidak berguna maka dengan instal ulang windows 7 premium memakai flashdisk di laptop yang terinfeksi virus bisa kita tangani dengan mudah, dan laptop lebih prima lagi.

Buka MsConfig untuk mendeteksi sarang virus

Seperti point diatas, anda terlebih dahulu buka MsConfig (Window+R) dan ketikan Ms Konfig > klik tabulasi start up > cek satu persatu program yang anda duga sebagai virus.

Catatan!! Jika anda menemukan sebuah program asing atau tidak dikenali segeralah hapus, karena kita tidak tau itu merupakan aplikasi pemicu virus aktif.

Setelah kita membasmi virus di laptop sendiri, kini kita akan mencari biang virusnya dengan cara:

  • Tekan huruf F+Windows
  • Pilihlah all files and folder
  • Atur mode ke advanced dengan klik more advanced options.
  • Centang ketiga bagian di awal.
  • Isi nama folder dan file.
  • Atur kembali lokasi dari file tersebut.
  • Klik search.

Pada saat proses pembersihan berlangsung, upayakan untuk berada pada safe mode agar virus yang terhapus tidak aktif.

Begitulah tadi adalah Cara ampuh menghilangkan virus di laptop toshiba OS windows 7 64 bit secara manual. Semoga dengan trik yang saya bagi ini dapat membuat kinerja Komputer anda menjadi lebih optimal lagi. Selamat mencoba.

Cara menghapus virus di laptop windows 7 secara Manual tanpa Anti Virus | nanang23 | 4.5