Dampak Yang Ditimbulkan Jika Laptop Tidak di Gunakan Dalam Jangka Waktu yang Lama

Laptop/komputer memang sebaiknya digunakan dalam satu hari yang minimal di operasikan dalam waktu satu minggu tiga kali, lebih baik lagi jika di pergunakan dalam keseharian anda, untuk mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan kantor dan melanjutkan lagi setelah pulang kerumah meneruskan pekerjaan yang belum terselesaikan.
Tetapi pada kenyataannya untuk sebagian orang tidak mempergunakan laptop secara rutin dalam kesehariannya. Ada yang di operasikan diawal-awal membeli laptop untuk bermain facebook ketika sudah bosan bersosial media facebook laptop terbengkalai, ada yang hanya mengerjakan tugas saja dan ketika tidak ada tugas laptop di diamkan, ada juga yang hanya untuk menyimpannya saja sekedar ingin mengoleksi.

Ada beberapa pola fikir yang unik jika anda ingin sengaja menyimpan laptop dalam kurun waktu yang lama dan biasanya didasarkan agar laptop anda awet meskipun sudah lama membelinya, mempergunakannya saat benar-benar dibutuhkan saja. Faktanya yang terjadi telah terbukti bahwa menyimpan laptop dalam waktu lama tanpa di buka lalu di jalankan mesinya justru membuat laptop tersebut malah cepet rusak, suhu yang lembab yaitu salah satu faktor paling banyak terjadi dalam masalah penyebab kerusakan pada laptop/komputer.
Namun ada beberapa hal yang mungkin bisa mengatasi jika memang laptop yang anda miliki jarang digunakan atau frekuensi penggunaanya rendah, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum menyimpan laptop untuk dalam jangka waktu panjang atau setidaknya ketiga hari seterusnya untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi.

dampaklaptop tidak digunakan

Akibat laptop tidak digunakan di waktu yang lama

Berikut adalah beberapa akibat yang akan menimbulkan masalah pada laptop anda jika tidak digunakan diwaktu yang lama.

  • Hindari menyimpan laptop pada tempat yang lembab

dampak laptop tidak digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa penyebab laptop rusak yang paling sering terjadi adalah karena kelembaban, laptop yang jarang di operasikan atau digunakan seringnya anda menyimpannya di satu tempat saja seperti di atas lemari atau dibawah kolong ranjang, atau tempat dekat dengan sumber air, hal seperti itu patut anda hindari, simpanlah laptop anda pada daerah yang terbuka sedikitnya terpancarkan sinar matahari.

  • Lepas baterainya

dampak laptop tidak digunakan

Melepas baterai wajib dilakukan ketika laptop anda sudah tidak dibutuhkan lalu ingin menyimpannya. Dengan melepas baterai maka laptop pun akan benar-benar bersih dan terlepas dari aliran arus listrik, dan juga sebagai salah satu menjaga keawetan baterai laptop anda.

  • Simpan laptop pada posisi terbuka

Untuk penyimpananya usahakan laptop anda dalam posisi terbuka, memang agak aneh terdengarnya, tetapi hal ini sudah terbukti bukan lagi agar laptop anda agar tidak lembab, alasan lainnya adalah menempatka laptop pada posisi terbuka dapat megurangi tingkat kerusakan pada keyboard.

Baca Juga: Hindari beberapa Penyebab playstore pada android anda eror, kamu harus tahu penyebab laptop bisa eror dengan fatal

  • Sesekali nyalakan laptop

Jika laptop anda terlalu lama di simpan dan jarang di pergunakan, otomatis kondisi komponen-komponennya didalamnya akan lembab juga yang pada akhirnya akan koslet ketika akan dipakai lagi. Karena itu saran saya, meskipun belum waktunya laptop anda sangat dibutuhkan, sesekali nyalakan lalu operasikan walaupun Cuma hanya untuk menjalankan musik atau bermain game saja.

  • Pembersihan rutin

dampak laptop tidak digunakan

Mengenai kebersihan, seperti benda-benda lainnya, laptop anda juga harus rutin di bersihkan meskipun jarang di pakai. Karena dalam hal debu barang elektronik seperti laptop sangat sensitif jika debu dan kotoran menempel pada laptop anda ketika sambil di operasikan saja sudah mengganggu, apalagi diwaktu laptop anda di simpan debu akan menempel mengendap di setiap sudut terutama dibagian lubang kipas yang nantinya akan mempengaruhi kinerja laptop anda ketika hendak digunakan.

Ketika ventilasi udara laptop anda terganggu karena debu dan kotoran maka udara tidak lancar keluar maka akan mengendap udara panas pada mesin laptop tersebut. Selain itu debu dan kotoran adalah salah satu penyebab tombol keyboard laptop tidak berfungsi. Oleh karena itu untuk menjaga agar laptop anda tetap awet maka rutin untuk membersihkannya.

itulahtadi adalah beberapa dampak yang akan muncul ketika laptop tidak digunakan untuk waktu yang lama. semoga artikel ini membuat anda lebih perduli lagi kepada laptop sehingga laptop akan tetap awet.

Incoming search terms:

Dampak Yang Ditimbulkan Jika Laptop Tidak di Gunakan Dalam Jangka Waktu yang Lama | nanang23 | 4.5