Kumpulan Cara Jitu Memperbaiki Penyimpanan file Flashdisk Rusak Parah agar kembali Normal

Flashdisk sering kali di sebut juga dengan tempat penyimpanan data/file yang praktis dan sangat di butuhkan, terutama apabila digunakan untuk pemanfaatan pemindahan data yang tidak dapat di jangkau oleh koneksi bluetoth atau infra merah, perangkat ini memiliki controller dan kemampuan memori penyimpanan data yang tidak akan hilang meski tidak teraliri aliran listrik. Flashdisk memiliki komponen yang lebih sedikit dan kecil jika dibandingkan dengan harddisk. Flashdisk tidak mempunyai piringan, motor atau part  yang lain untuk bekerja secara mekanik dan hardisk punya itu. Dari hal ini Flashdisk rentan akan kerusakan dari faktor luar sehingga mau tidak mau kita harus memperbaikinya secara manual.

Pada awal diciptakannya flashdisk hanya mempunyai kapasitas kurang dari 512 MB, bahkan ada yang hanya 10 MB, dan bertahan hanya dalam jangka waktu 10 tahun pada masa pemakaian normal. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju dan perkembangan komputer yang semakin pesat, saat ini ukuran kapasitas flashdisk hampir sama dengan kapasitas HardDisk dan dengan biaya yang cukup terjangkau. Lalu bagaimana jika perangkat flashdisk anda mengalami kerusakan? Pastinya akan sangat merepotkan. Kejadian yang sering terjadi yang terkadang tiba-tiba flashdisk anda tidak terbaca oleh perangkat seperti laptop atau komputer tanpa diketahui apa sebabnya, namun yang sering di ketahui umumnya penyebab utama adalah berkembang biaknya virus di flashdisk tanpa di ketahui oleh anda. Coba anda bayangkan jika di dalam flashdisk anda terdapat file-file yang penting misalnya tugas sekolah, naskah skripsi dan tugas penting lainnya, harus melakukan fomat ulang, jikalau file backup ada di perangkat lainmasih aman. jika tidak ada mesti bikin ulang. Di bawah ini ada beberapa cara dalam memperbaiki flashdisk rusak agar bisa normal kembali.

memperbaiki flashdisk yang rusak

Gejala Flashdisk Cepat Rusak

Harus anda ketahui sebenarnya banyak sekali gejala yang mengganggu kinerja Flashdisk anda sehingga mengakibatkan cepat rusak dan tidak awet.

  • Terkena air, jatuh, dan di simpan di tempat yang panas sehingga membuat komponen Flashdisk sedikit demi sedikit tergores lalu kinerjanya akan terganggu.
  • Menaruh flashdisk bersampingan atau berdekatan dengan benda yang mengandung magnet.
  • Terlalu sering copy paste atau delete data dari flashdisk ke komputer atau sebaliknya dari komputer ke flashdisk.
  • Terserang virus
  • Tidak menggunakan fasilitas Eject/Safety Remove Hardware sebelum mencabut flashdisk yang kemungkinan akan menghilangkan data yang ada di dalamnya.

Cara Memperbaiki Atau Mengembalikan Flashdisk Anda Seperti Semula

  1. Sambung terlebih dahulu flashdisk ke laptop atau PC anda.
  2. Lalu tekan menu/ start (CTRL+R)
  3. Setelah itu anda tulis“msc
  4. kemudian, anda pilih strorage yang terletak di menu tengah, pilih menu bertuliskan Disk menejement
  5. namun andai tahap atau cara repair flashdisk nan rusak ini di lakukan dengan benar sesuai tahap-tahap yang disampaikan biasanya flashdisk anda akan kembali terbaca oleh PC, jika masih tidak keluar pemberitahuan juga itu berarti anda gagal dan coba ulang lagi teknik perbaikannya dari point pertama.
  6. selanjutnya, klik kanan akan muncul tampilan dan create partition.
  7. format flashdisk anda dengan klik kanan pada H:, lalu pilih tulisan format seperti biasanya.

Baca Juga: penyebab Touchscreen HP android anda rusak tidak bisa diperbaiki, cara agar baterai android anda tidak boros tetap awet 3 hari tanpa charger

Cara Memperbaiki Atau Mengembalikan Flashdisk dengan apikasi

Memperbaiki flashdisk jika terjadi kerusakan seperti terkena air, atau komponen-komponen di dalamnya bermasalah cobalah dengan cara sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Hard Disk Drive Low Level Format.
  2. Hubungkan Flashdisk anda yang rusak lalu buka aplikasi Hard Disk Drive Low Level Format, pilih flashdisk anda lalu klik Continue.
  3. Ikuti petunjuk pada gambar, kalau kerusakan cukup parah hilangkan centang pada opsi Perform quick wipe.
  4. Jika proses telah selesai langsung cabut flashdisk anda tanpa menggunakan eject terlebih dahulu.
  5. Lalu hubungkan kembali flashdisk anda dan akan muncul permintaan minta format terus.
  6. Ikuti aturan format tersebut seperti biasa dengan bantuan windows dan flashdisk anda akan normal kembali.

memperbaiki flashdisk yang rusak

Warning! Apabila anda telah menformat, maka secara otomatis seluruh data di dalam flashdisk anda akan hilang, dan biasanya akan mengurangi sedikitnya kapasitas pada flashdisk anda.

Banyak cara dapat ditempuh untuk dapat perbaiki kembali flashdiskyang sudah tidak bisa digunakan. Cara berikut ini adalah mensiasati jikalau kemungkinan flashdisk masih eror dan tidak bisa di format.

Cara memulihkan flashdisk dengan CMD

memperbaiki flashdisk yang rusak

Masalah seperti corrupt bakal ketahuan dengan teknik ini.

  1. Buka Command promt (CTRL+R) Ketik CMD.
  2. Tancap flashdisk rusak parah.
  3. Tulis pada CMD “FORMAT H:/FS:FAT”.
  4. Klik enter dan tunggu proses pemeriksaan.

Memperbaiki flash disk dengan windows check disk

memperbaiki flashdisk yang rusak

  1. Masukan FD ke PC dan buka explorer (Ctrl+E)
  2. Klik kanan pada flashdisk –properties-alat-cek sekarang
  3. Ceklis keduapengaturan tadi ”automaticallyfix file systes eror”dan “recovery bad sectors”
  4. Tunggu sampai proses delesai

Itulah tadi adalah beberapa cara atau usaha agar flashdisk  rusak parah bisa kembali awet. Jangan lupa bagikan artikel ini semoga membantu dan memberi solusi atas kerusakan pada alat penyimpanan anda.

Incoming search terms:

Kumpulan Cara Jitu Memperbaiki Penyimpanan file Flashdisk Rusak Parah agar kembali Normal | nanang23 | 4.5