Cari Tahu yuk ! Penyebab dan Solusi laptop/komputer mati sendiri

Penyebab laptop mati sendiri – ketikasedang asyik bermain game di komputer/laptop, atau pun sedang pusing-pusingnya mengerjakan tugas kuliah, mengerjakan pekerjaan kantor tiba-tiba komputer anda mati sendiri secara tiba-tiba. Kejadian ini sering terjadi, tentuya membuat perasaan menjadi kesal apalagi kalau komputer mati saat file belum sempat kita simpan (save) yang berkemungkinan akan hilang dengan sendirinya. Jika anda mengalami hal seperti ini, jangan panik, jangnan langsung membawa komputer/laptop anda ke ahli komputer, selidiki terlebih dahulu apa penyebabnya, lalu lakukan tindakan. Biasanya penyebab laptop/komputer mati sendiri bisa dari softwarenya yang bermasalah, ataupun hardwarenya yang juga bermasalah, atau juga komputer anda yang sudah berumur dan itu perlu di service ke ahli komputer.

Membaca artikel ini adalah jawabannya, anda akan menemukan bagaimana dan hal apa saja yang menimbulkan komputer anda bisa mati sedara dadakan. disini akan dikupas tuntas untuk penyelesaiannya sampai jelas hingga laptop anda kembali pulih seperti sedia kala dan andapun kembali melakukan aktivitas dengan laptop kesayangan tanpa ada kosleting listrik lagi.

 

penyebab laptop mati sendiri

Aspek yang kemungkinan penyebab komputer/laptop anda mati dengan sendirinya.

  • Komputer / laptop anda yang berdebu

Komputer/laptop sangat sensitif terhadap hal kotor termasuk tersumbat debu maka udara yang di dalamnya akan terhambat untuk keluar, sedikit demi sedikit debu yang masuk menghalangi beberapa lubang saluran udara bisa menyebabkan hardware dalam komputer/laptop bisa cepet panas karena sirkulasi udara terganggu. Jika komputer / laptop anda terlalu panas, lama kelamaan akan mati sendiri.

Solusi : Bongkar dulu komputer/laptop anda lalu bersihkan kotoran yang menempel sampai  menyeluruh dengan kuas, dan pastikan juga lubang saluran udara tidak tersumbat debu.

  • Terlalu panas/Overload

penyebab laptop mati sendiri

Seperti aspek diatas di jelaskan komputer mati sendiri karena terlalu panas, bukan cuma dikarenakan oleh debu komputer anda mati secara tiba-tiba, biasanya penyebab lainnya adalah menempatkan laptop di tempat yang empuk seperti dengan meletakannya di atas bantal, di atas kasur, dll. Karena apabila anda meletakan di tempat seperti itu sirkulasi udara akan buruk selain menggumpal di satu tempat udara akan panas dan sulit untuk di gantikan oleh udara baru yang akan berdampak pada hardware di dalamnya juga ikut panas.

Solusi : untuk mengatasi hal seperti ini saat sedang menggunakan/ mengoperasikan laptop anda dianjurkan untuk meletakan laptop pada tempat permukaan yang rata dan keras. Sehingga udara akan lancar keluar masuknya. Jika anda tidak mau beranjak dari kasur maka gunakan colling pad untuk alasnya agar sirkulasi udara lancar berganti.

  • Ram yang bermasalah

penyebab laptop mati sendiri

Ram merupakan bagian yang paling peting dalam sebuah laptop/komputer sebagaimana yang telah di katakan ram adalah tempat penyimpanan sementara data, jika RAM bermasalah maka program pun tidak akan beroperasi seperti biasanya. Semua gejala laptop tiba – tiba mati berbeda-beda masalahnya, mungkin penyebab laptop mati permasalahannya berada di RAM.

Solusi: coba bongkar dan periksa dalamnya kemudian ambil RAM nya, bersihkan hingga bersih kuning tembaga RAM nya memakai penghapus atau alat yang lembut, tidak dianjurkan memakai tangan kosong karena di khawatirkan tangan yang berminyak akan meninggalkan bekas.

Kapasitas RAM bisa di upgrade sesuai yang di perlukan agar komputer/laptop berjalan optimal dan komputer/ laptop bekerja lebih ringan.

Baca Juga: Solusi ampuh memperbaiki baterai android yang cepat habis, ingin internet tanpa lag coba aplikasi penguat sinyal beriku.

  • Pasta prosesor yang kering

penyebab laptop mati sendiri

Sudah sering terjadi jika laptop/komputer anda sudah berumur tua, penyumbatan udara yang keluar tidak stabil pasta prosesor akan menjadi kering, akibatnya prosesor menjadi panas karena tidak tersalurkan ke fase akhir sehingga laptop anda akan mati dengan sendirinya.

Solusi: saran saya, jika anda tahu dan mengerti mengganti prosesor tersebut, sebaiknya anda bongkar lalu oleskan pasta secara merata. Harga pasta relatif murah untuk membelinya juga sangat terjangkau bisa di beli di toko komputer terdekat.

  • Mainboard yang bermasalah

Bisa jadi mainboardnya yang sudah tidak sehat karena sudah berumur tua dan mungkin laptop anda sering di pakai terus menerus sehingga sudah tidak mampu bertahan lama-lama di gunakan bahkan akan  menyebabkan mati secara tiba-tiba.

Solusi: jika memang tidak mampu bertahan lama mainboard tersebut harus di ganti dengan yang baru, karena mainboard yang rusak dan selalu mati dengan sendirinya itu menandakan komputer anda bekerja sudah tidak optimal. Dan saran saya jika memang harus di ganti lebih baik ganti laptop yang baru, karena mengganti hardware tersebut harganya tidak terlalu jauh dengan mengganti laptop baru.

Hal lainya

tentunya kita kita tidak mau hardware pada komputer rusak, seperti yang sering dialami ketika buru-buru atau memang kecerobohan kita karena panik untuk mematika komputer dalam proses shut down yang tidak sesuai dengan prosedurnya, atau dalam masalah penginstalan berbagai aplikasi ikon-ikon yang anda inginkan belum terselesaikan proses instalnya dalam hal ini komputer/laptop anda akan mati dengan sendirinya. –teknologiharian.com

Cari Tahu yuk ! Penyebab dan Solusi laptop/komputer mati sendiri | nanang23 | 4.5